Search

Jumat, 09 Oktober 2009

Spodosol

Tanah yang termasuk ordo Spodosol merupakan tanah dengan horison bawah terjadi penimbunan Fe dan Al-oksida dan humus (horison spodik) sedang, dilapisan atas terdapat horison eluviasi (pencucian) yang berwarna pucat (albic). Padanan dengan sistem klasifikasi lama adalah termasuk tanah Podzol.

Dalam ilmu tanah, Podsol (juga dieja Podzol, atau dikenal sebagai Spodosol) adalah khas dari tanah yg termasuk jenis pohon jarum, atau hutan utara. Mereka juga yang khas dari tanah eucalypt hutan dan heathlands di selatan Australia. Nama ini untuk Rusia "di bawah ash" (под / pod = bawah, зола / zola = abu) dan mungkin merujuk kepada umum pengalaman Rusia petani dari pembajakan membuat terlihat di bawah lapisan-abu (leached atau E cakrawala) pada saat pertama bajakan yang perawan tanah dari jenis ini. Tanah ini terdapat di daerah-daerah yang basah dan dingin (misalnya di Northern Ontario atau Rusia) dan juga di daerah-daerah hangat seperti Florida sandy dimana tanah air yang berfluktuasi meja (humic varian dari utara podzol atau Humod). Contoh yang hangat-iklim podzol adalah Myakka pasir halus, tanah state of Florida.

Spodosols paling miskin untuk tanah pertanian. Beberapa dari mereka yang berlebihan sandy dan ditiriskan. Lain ada rooting zona dangkal dan drainase miskin karena lapisan tanah sebelah bawah penyemenan. Well-drained liat jenis dapat sangat produktif untuk tanaman jika kapur dan pupuk yang digunakan.

E cakrawala, yang biasanya 4-8 cm, rendah dalam Fe dan Al oxides dan humus. Itu dibentuk di bawah lembab, dingin dan kondisi acidic, terutama di mana orang tua materi, seperti granit atau batu pasir, kaya akan kuarsa. Hal ini ditemukan di bawah lapisan bahan organik dalam proses pembusukan, yang biasanya 5-10 cm. Di tengah, sering terdapat sebuah lapisan tipis 0,5-1 cm. Bleached yang berjalan di atas tanah menjadi merah atau disebut redbrown cakrawala rusty tanah. Warna yang kuat di bagian atas, dan mengubah pada kedalaman 50 hingga 100 cm makin ke bagian tanah yang terutama tidak terpengaruh oleh proses, yang merupakan bahan induk. Tanah profil dimaksudkan huruf A (tanah), E (eluviated tanah), B (lapisan tanah sebelah bawah) dan C (bahan induk).

Utama dalam proses pembentukan Spodosols adalah podzolisation. Podzolisation adalah proses yang rumit (atau jumlah sub-proses) di mana bahan organik dan mineral larut (umumnya besi dan aluminium) adalah dari leached E A dan B horizons ke cakrawala.

Dalam podzols, yang berarti pemindahan eluviation dari clays, humic acid, besi, dan lainnya dari konstituen larut A dan E horizons. Konstituen ini mungkin akan menumpuk membentuk spodic illuvial ufuk dan dalam beberapa kasus yang placic cakrawala atau besi band. Podzolization terjadi leaching parah ketika meninggalkan atas cakrawala hampir habis semua kecuali tanah konstituen kuarsa butir. Tanah mineral di ufuk J membusuk oleh reaksi dengan asam humic dan formulir larut garam. Dari bahan yang leached A cakrawala adalah didepositkan di ufuk B sebagai humus kaya cakrawala-band atau sebagai lapisan sesquioxides keras.

Sub-proses tersebut meliputi mobilisasi, eluviation dan illuviation. Mobilisasi dan eluviation kedua memindahkan bahan-bahan organik dan mineral melalui A ke B ufuk cakrawala. Selama ini, mereka bereaksi dengan air (illuviation) menjadi oxidised. Ini proses podzolisation hasil karakteristik tanah di profil spodosols, di mana E cakrawala yang biasanya ashen putih atau warna abu-abu tanpa struktur dan terdapat lapisan khusus hardpan oksida di ufuk B (yang selalu gelap daripada E cakrawala) . E cakrawala bisa abu-abu gelap di profil yang tinggi dalam hal organik, namun dalam kasus yang B yang sangat gelap.

Namun, seperti conifers allelopathically mengurangi kompetisi oleh produksi lebat O cakrawala dari acidic dan beracun alas daun yang membusuk lambat, utama bentuk interaksi tanah-tanaman adalah bahwa dari conifers sendiri. The acidic O cakrawala, seiring dengan pola curah hujan yang mirip dengan yang moister grasslands, juga mendorong illuviation dari oxides dari aluminium dan besi.

Dalam beberapa podzols, E cakrawala tidak hadir - baik oleh masked biologi atau kegiatan obliterated oleh gangguan. Podzols dengan sedikit atau tanpa E cakrawala pembangunan yang sering diklasifikasikan sebagai Brown podzolic tanah.

Podsols di Eropa Barat yang dikembangkan di heathland, yang merupakan gangguan membangun manusia, di mana vegetasi dikelola melalui grazing dan pembakaran. Mei tanah yang telah dikembangkan dengan baik selama tahun 3000 dalam respon terhadap vegetasi dan perubahan iklim. Dalam beberapa moorlands British dengan tanah podsolic ada coklat earths diawetkan dibawah Bronze Age barrows.

Spodosols adalah sebagai paleosols langka. Walaupun mereka dari sejauh kembali sebagai Carboniferous, terdapat beberapa contoh dari hidup sebelum pertama Pleistocene glaciation, dan beberapa mungkin tidak benar Spodosols.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar