Search

Jumat, 17 Desember 2010

Klasifikasi Font Dalam Desain Grafis

Artikel psd-tutorial kali ini akan membahas mengenai klasifikasi font dalam desain grafis atau judul sederhananya: jenis-jenis font. Hal ini pertama kali saya pelajari ketika awal-awal kuliah desain grafis. Font itu terbagi dalam 4 jenis, yaitu Serif, Sans Serif, Script dan Decorative. Masing-masing font memiliki karakteristik tersendiri dan kegunaannya masing-masing juga berbeda.
Jika anda menekuni desain grafis atau tertarik dengan desain grafis, anda perlu belajar tentang jenis-jenis font selain mempelajari software-software desain grafis seperti adobe photoshop dan adobe illustrator

Berikut ini definisi dari setiap font yang saya sajikan secara bebas:

1. Serif : huruf yang memiliki kait/serif (sedikit menjorok keluar) pada bagian ujung atas atau bawahnya.Font Serif cenderung digunakan untuk hal-hal yang bersifat formal. Font Serif sering sekali digunakan sebagai body text dan headline. Hal ini disebabkan Font Serif relatif mudah dibaca dalam komposisi teks yang panjang. Hal ini pula yang menyebabkan koran-koran memakai Font Serif untuk setiap artikelnya.

2. Sans Serif
: huruf yang tidak memiliki kait/serif pada ujung atas maupun bawahnya.Font Sans-serif cenderung digunakan untuk hal-hal yang semi formal dan santai. font Sans-serif lebih sederhana jika dibandingkan dengan Font Serif karena tidak mengandung Serif. Font Sans-serif sering digunakan untuk majalah-majalah dan layar komputer. Saya sendiri lebih suka menggunakan font-font Sans-seris dibandingkan Font Serif. Font favorit saya dari list di atas adalah Myriad Pro, Segoe UI dan Optima.

3. Script : huruf yang bentuknya menyerupai tulisan tangan manusia.
Ciri khas Font Script adalah menyerupai tulisan tangan (handwriting) dan umumnya terkesan anggun. Font Script selalu memiliki tebal tipis tulisan yang bervariasi dalam setiap hurufnya. Salah satu karakteristiknya adalah tidak bisa menggunakan huruf besar (capital) dalam satu kata karena akan terlihat sangat tidak rapi. Komposisi yang benar adalah huruf kecil semua atau huruf capital di depannya, sisanya menggunakan huruf kecil. Font Favorit saya dari list di atas adalah Ex Ponto Pro.

4. Decorative : huruf yang tidak termasuk ke dalam klasifikasi di atas.
Font Decorative tidak punya karakteristik yang mirip antara satu font dengan font lainnya. Setiap Font Decorative memiliki ciri khas masing-masing sesuai dengan kemauan desainer font tersebut. Font favorit saya dari list di atas adalah Strumpf dan Flying Penguin (lucu banget).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar