Search

Selasa, 05 Oktober 2010

Manfaat Asam Humat Di Tanah Berpasir

Masalah di tanah berpasir hampir berlawanan di tanah liat. Yang menjadi alasan kuat, seperti tanah liat terdiri dari partikel-partikel sangat kecil dan tanah berpasir memiliki partikel lebih besar. Ukuran partikel membuat perbedaan besar dalam cara air, udara dan nutrisi bergerak melalui tanah. Besar ukuran partikel partikel tanah berpasir berarti bahwa air bergerak cepat dan melarutkan nutrisi (bergerak pergi, ke dalam air tanah) dengan cepat. Asam humat sebagai pembenah tanah ditambahkan ke tanah berpasir akan secara dramatis meningkatkan manfaat tanah untuk berkebun dan tujuan pertanian. Kecuali anda menggunakan pasir murni sebagai media tumbuh hidroponik, Anda memerlukan sedikit lebih banyak bahan organik dalam tanah. Asam humat dapat membantu.


Asam humat sebagai pembenah tanah atau kondisiener tanah sangat bermanfaat sekali bagi dunia pertanian. Di tanah berpasir dengan struktur pori- pori yang lebar zat hara dari permukaaan tanah akan langsung menerobos dan masuk ke dalam struktur tanah yang lebih dalam. Pada tanah yang strukturnya berpasir, asam humat akan membantu menahan zat hara agar dapat di manfaatkan oleh tanaman. Asam humat mengikat unsur hara sehingga bakteri tanah dapat mengurainya dengan baik dan akar tanaman dapat menyerapnya.

Kemampuan asam humat mengikat air sangat membantu Anda yang bertanam di lahan berpasir. Air dapat di tahan sehingga penggunaannya menjadi lebih efisien dan tanaman tercukupi kebutuhan airnya. Dengan ketersediaan air yang cukup di tanah maka akan meningkatkan perkembangan mikroorganisme yang dibutuhkan tanaman sehingga system simbiosis antara tanah, akar dan mikroorganisme terkait dapat berjalan optimal.
Benefit yang Anda bisa dapatkan menggunakan asam humat terbaik :
• Penggunaan air dapat optimal.
• Penghematan penggunaan pupuk kimia.
• Memberdayakan lahan yang berpasir dan kurang potensial.
• Tanaman dapat tumbuh optimal dengan tersedianya unsur hara.
• Produktivitas lahan menjadi meningkat.
• Membantu meningkatkan ekonomi masyarakat yang tinggal di lahan kritis atau berpasir.

Asam Humat dan Ketersediaan Gizi di Tanah
Tanah berpasir, secara umum, memiliki kelangkaan bahan organik. Bahan organik sangat penting untuk berbagai alasan. Yang paling penting adalah bahwa sebagaimana pengurai, maka nutrisi yang terurai menjadikan tanaman dapat menyerapnya. Partikel pasir juga cuaca dan kerusakan tanah, tidak melepaskan zat gizi yang sama seperti materi organik. Asam humat sebagai pembenah tanah juga membantu dalam kapasitas menahan nutrisi untuk tanah berpasir sehingga mereka tetap tersedia untuk tanaman dan tidak meleleh keluar. Jika Anda melihat tanaman yang tumbuh di tanah berpasir yang cukup tanpa menambahkan bahan organik, mereka sering menunjukkan tanda-tanda kekurangan nitrogen (sebuah daun menguning.) Selain membuat lebih tersedianya nutrisi makro, asam humat juga membuat gizi mikro seperti zat besi lebih banyak tersedia, oleh ikatan yang terjadi dan menjaga dari pembentukan presipitat dengan fosfor dan pencucian keluar.

Asam Humat dan Struktur Tanah di Tanah Berpasir
Karena ruang antara partikel tanah, air dapat bebas mengalir masuk dan keluar dari tanah berpasir, yang merupakan masalah bagi tanaman yang membutuhkan air. Penambahan asam humat meningkatkan kapasitas memegang air tanah yang buruk sehingga dapat tersedia bagi tanaman dan akar tanaman yang diperlukan. Asam humat selain memperbaiki struktur tanah adalah dengan merangsang mikroorganisme menguntungkan. Mikroba bertanggung jawab atas bahan organik yang membusuk menciptakan siklus produksi terus-menerus humus dan lebih memperkuat struktur kesehatan tanaman.

Asam Humat adalah Duct Tape (pembenah) untuk Pekebun
Kedengarannya terlalu bagus untuk menjadi kenyataan bahwa substansi yang sama yang membantu memecahkan tanah liat dan meningkatkan drainase dan pertukaran oksigen juga membantu mempertahankan tanah berpasir nutrisi dan air. Banyak bahan kimia telah dikembangkan dari awal pertanian, tetapi tidak ada yang dapat menandingi materi organik, terutama asam humat. Penelitian oleh berbagai organisasi telah mengidentifikasi asam humat bermanfaat dalam hal aktivitas mikroba tanah, pertumbuhan tanaman dan pernapasan, ketersediaan hara dalam tanah, dan banyak lagi, tetapi tidak ada peneliti telah mampu meniru persis efek asam humat alami dengan apapun yang dihasilkan secara subtansi sintetik.

Artikel Ida Amal.

7 komentar:

birdi_512 mengatakan...

Gimana kalau asam humat yg berbentuk cairan, bisa tidak di berikan pada tanah berpasir?

18arnev mengatakan...

klw diberi secara langsung percuma, karna sifat fisik tanah pasir...
banyak cara menganti sipasinya salah satunya cairan tersebut diinkubasi bersama pukan...
semoga solusi ini bisa digunakan

birdi_512 mengatakan...

ya, dengan pukan dan sejenisnya. bagaimana kalau di areal gambut, apakah efektif meng aplikasi asam humik di areal gambut?

18arnev mengatakan...

di tanah gambut sudah banyak terdapat bahan humat (asam humat, asam fulfat, dan asam lainya)
kenapa harus di lahan gambut?
seharusnya pada lahan gambut bagaimana memperbaiki sifat fisik dan kimianya... tujuannya untuk digunakan lahan tersebut sebagai areal pertanian

birdi_512 mengatakan...

okey bang arnev terimakasih atas info nya, tulisannya sangat bermanfaat, thanks

Unknown mengatakan...

Di lahan gambut jg perlu di berikan asam humat karena pH tanah gambut yang masam sehingga kandungan asam humat di dalamnya bersifat inert & tidak aktif.
Aplikasi asam humat pada lahan gambut harus menggunakan carrier misalnya berupa zeolite.
Kami menjual humic acid (asam humat) kadar 12-15 % bentuk cair dengan harga murah !!!
Rp 27.000 per-liter (franco Bogor) minimal pembelian 500 liter -bentuk curah, kemasan drum & jerigen.
Humic Acid - Asam Humat

faganlaforgia mengatakan...

Is it legal to play blackjack online, or can i play for free? - DrMCD
The 성남 출장안마 Best Blackjack Sites — The Best Blackjack Sites — The Best Blackjack 군포 출장안마 Sites — The Best Blackjack Sites. Blackjack. 경산 출장마사지 The Ultimate Guide 천안 출장안마 to Playing. 목포 출장샵

Posting Komentar